Mau Cat Mobil Awet? Ketahui 5 Cara Mudah Ini!

 

Sustainability2015.com – Tampilan luar mobil merupakan lambang dari kepribadian pemiliknya. Tidak sedikit orang yang saat ini memodifikasi atau merawat kendaraan mereka agar awet dan tetap tampil kinclong. Berbagai perawatan yang mereka lakukan mulai dari mengecat ulang mobil, membersihkannya atau memodifikasinya. Namun, sebelum Anda terus menerus pergi ke bengkel untuk mengecat warna mobil agar terus mengkilap sebaiknya lakukan cara mudah berikut ini.

Cara Merawat Mobil Agar Cat Tetap Awet

Jangan Biarkan Mobil Berjemur Terlalu Lama

Seperti halnya manusia saat dijemur warna kulitnya akan berubah, begitu pula dengan warna cat mobil jika Anda terus menerus membiarkan mobil berjemur terlalu lama. Sebaiknya ketika Anda ingin memarkirkan mobil dalam waktu yang lama sebaiknya mencari tempat yang teduh dan dapat melindungi mobil Anda, jika memang tidak ada lebih baik gunakan sarung mobil pada seluruh body mobil.

Pengelapan yang Benar

Jika Anda terbiasa mengelap mobil Anda namun warna tetap pudar pastinya Anda bertanya-tanya bukan? Untuk itu sebelum diberikan jawabannya, apakah Anda telah mengelap mobil dengan cara yang benar? Langkah awal yang dapat dilakukan dalam membersihkan mobil adalah melihat kondisi mobil apakah basah atau kering.

Jangan Anda mengelap mobil saat posisi mobil kering, sebaiknya siram air terlebih dahulu karena jika langsung mengelapnya akan membuat cat menjadi buram serta meninggalkan goresan. Hal ini dikarenakan partikel debu atau kerikil yang tidak begitu terlihat saat dilap dalam kondisi kering makan akan menyebabkan goresan pada cat mobil.

Gunakan Bahan Pengelap yang Tepat

Setelah Anda mengetahui teknik pengelapan mobil yang benar sebaiknya Anda juga memperhatikan bahan yang digunakan untuk mengelap. Bahan sebaiknya memiliki tekstur yang halus seperti chamois dan kanebo.

Cuci Mobil Secara Teratur

Bagi Anda yang menginginkan warna cat mobil Anda tetap awet sebaiknya cuci mobil secara teratur.Hal ini bertujuan agar menghindari dari kotoran yang terus menempel. Karena jika Anda terus membiarkan dalam waktu yang lama maka noda atau bekas kotoran tetap akan terlihat lain halnya jika Anda langsung mencucinya.

Gunakan Sampo Khusus Mobil

Meskipun sampo mobil terlihat sepele dan dianggap semua sampo sama saja namun sekarang Anda harus menghilangkan pemikiran itu, karena dalam membersihkan mobil juga telah ada sampo khususnya hal ini bertujuan agar tidak mudah merubah warna cat mobil Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *