Indonesia Hadirkan Motobus Agar Transportasi Semakin Nyaman

Sustainability2015.com – Jika dilihat perkembangan alat transportasi yang ada di negara kita Indonesia semakin hari semakin menunjukkan perkembangan yang sangat cepat. Yang paling baru didatangkan dalam waktu belum lama ini,  sebuah perusahaan transportasi menghadirkan bus pengangkut penumpang sekaligus sepeda motor.

Layanan dengan nama Motobus, sengaja dihadirkan untuk dijadikan salah satu solusi dalam bidang transportasi darat yang terpadu. Selain itu, Motobus juga dapat memudahkan mobilitas masyarakat dalam bepergian dengan membawa motornya secara nyaman.

MotoBus rencananya mulai dioperasikan oleh PT Motobus Trans Nusantara pada 27 Oktober 2017. Sementara waktu, layanan Motobus hanya melayani trayek Jakarta – Bandung. Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung Didi Ruswandi mengaku belum menerima pengajuan resmi perihal pengoperasian layanan Motobus. Sehingga, pihaknya belum bisa mengambil sikap.

“Transportasi Jakarta – Bandung kan itu berarti kalau apa namanya antar kota antar provinsi (AKAP) dari semuanya kewenangan pemberian IDnya (izin) dari pusat. Kalau di kita hanya nanti rekomendasi-rekomendasi nya aja dia mau menerima atau enggak,” kata Didi di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana, Senin (2/10/2017).

“Saya juga tau soal (Motobus) dari media,” menambahkan. Ia mengatakan mendukung inovasi layanan Motobus tersebut. Sebab, sambung dia, bisa meminimalisir tingkat kecelakaan lalu lintas.

“Kalau dia memperbaiki keadaan mengurangi masalah kecelakaan, kan bus-bus relatif jauh lebih aman ketimbang bersepeda motor jarak jauh itu, kita dukung,” jelas dia.

Menurutnya di sisi lain layanan transportasi ini justu menambah tingkat kemacetan dan polusi udara di Kota Bandung. Soalnya, sambung dia, pendatang dari Jakarta turut membawa kendarannya.

“Di sisi lain kalau masuk motor ya mungkin tidak memberi kontribusi (pengurangan kemacetan dan polusi) yang optimal,” ungkap dia. Ia berharap layanan MotoBus ini tidak hanya mengangkut kendaraan bermotor tetapi juga sepeda. Dengan begitu, beban kemacetan dan polusi di Ibu Kota Jawa Barat ini bisa berkurang meski adanya pendatang.

“Alangkah bagusnya kalau yang di bawah (MotoBus) itu bukan hanya motor tapi juga sepeda. Kalau orang datang ke Bandung sepeda di dalamnya sesepedaan itu mah juara gitu ya kita cari gitu,” ujar Didi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *