Segmen Mobil Sport Dikuasai Toyota 86 dan Honda Civic Type R

Sustainability2015.com – Penjualan mobil khususnya di unit sport memanglah tidak terlalu luas pasarannya dan hanya menargetkan peminat tertentu, berbeda dengan model mass produksi seperti LCGC, LMPV atau LSUV yang memiliki pasar yang luas dan menargetkan banyak konsumen.

Tahun ini ada 5 merek yang mejual produknya, diantaranya adalah Toyota 86, Honda Civic Type R, Volkswagen Scirocco, Peugeot RC-Z, dan Daihatsu Copen, data ini diperoleh dari data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Disegmen ini Honda dan Toyota berlomba dengan sangat ketat karena keduanya mendapat angka penjualan yang sama di Januari-November 2017. Keadaan buruk malah sedang dihadapi oleh CR-Z  yang masih ada di pasar.

CR-Z sendiri pernah jadi yang terlaris penjualannya saat awal pemasarannya pada tahun 2013. Sangat disayangkan prinsipal Jepang memutuskan untuk menyetop produksinya di 2016 dan membuat CR-Z hanya memiliki usia 3 tahun di Indonesia.

Setelah 86 dan Civic Type R, posisi ketiga penjualan terbanyak ada merek asal Jerman Volkswagen Scirocco yang masih punya napas di pasar sport dalam negeri, dengan perolehan 33 unit (23,74 persen). Kemudian diikuti oleh Peugeot RC-Z dan Daihatsu Copen yang masing masing terjual dua unit tahun ini.

Dengan data ini, bisa dibilang jika pasar sport di 2017 mengalami penurunan cukup besar 53,51 persen, menjadi 139 unit. Berbeda dengan tahujn lalu yang bisa mencapai angka 299 unit. Kejayaan jumlah penjualan mobil sport adalah di tahun 2013 yang mencapai 963 unit, di mana penyumbang terbesarnya CR-Z yang sanggup terjual 429 unit.

“Segment sport selalu menarik. Ada yang ingin melihat, mencoba dan memiliki mobil tersebut tetapi kadang terbatas kuotanya karena high performance quality build-nya. Jadi mengejar jumlah penjualan bukan tujuannya,” tutur Marketing & After Sales Service Director Honda Prospect Motor (HPM) Jonfis Fandy ketika ditanyakan soal segmen sport di masa depan, Jumat (29/12/2017).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *