Beberapa Alasan Kenapa Rotasi Ban Perlu Dilakukan

Sustainability2015.com – Sebagai pemilik sebuah kendaraan mobil pasti tidak asing dengan saran dari mekanik saat melakukan perawatan. Salah satu saran yang sering dikatakan oleh mekanik biasanya adalah perintah untuk melakukan rotasi ban. Lalu apakah yang dimaksud dengan rotasi ban itu? Rotasi ban adalah mengoper ban dari posisi satu ke posisi lainya.

Owner dari bengkel Pit Stop, Lie Sun Lie mengatakan dengan melakukan rotasi pada ban mobil kita tentu akan memberi manfaat baik agar ban tidak mudah halus dan terjadinya tingkat kehalusan bisa sama dimasing-masing ban.

“Tingkat keausan antara ban depan dan belakang pada kendaraan berlainan. Pada kendaraan berpenggerak roda depan memiliki kecederungan untuk lebih cepat aus,” kata Lie Sun Lie selaku pemilik bengkel Pit Stop di kawasan BSD, Tangerangg Selatan.

“Untuk itu disarankan melakukan rotasi ban setiap pemakaian 10.000 – 12.000 km atau setara dengan enam bulan sekali,” sambungnya. “Tujuannya adalah supaya tingkat keausan ban dapat terjadi secara merata antar keempat ban yang ada. Sehingga pemakaian ban pun menjadi lebih panjang (maksimum) dan juga lebih safety karena tingkat keausannya akan terjadi secara bersamaan.” imbuhnya.

Lie Sun Lie juga memberikan beberapa contoh rotasi ban yang baik dan benar.

1. Untuk kendaraan penggerak roda belakang

Untuk pola ini dilakukan dengan perpindahan ban depan kanan ke tempat ban belakang kiri, lalu untuk ban belakang kiri pindahkan ke posisi roda depan sebelah kanan. Sedangkan untuk ban kiri depan di posisikan di ban belakang kanan, dan yang terakhir pindah ban kiri belakang ke kanan depan.

2. Untuk kendaraan penggerak roda depan

Untuk pola ini terbilang hampir sama dengan pola pertama cuma sedikit beda, pola ini melakukan perpindahan ban didepan kiri di posisikan di ban kiri belakang, lalu untuk ban kiri menggeser ban depan kanan yang di pindah ke ban belakang kanan, Sedangkan ban kanan belakang dipindah ke kiri depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *