Pelek Forged Dengan Alumunium Setara Bodi Pesawat

Sustainability2015.com – Pelek merupakan perangkat dalam mobil yang berbentuk lingkaran dengan desain logam yang tepi bagian dalam dari ban sudah terpasang pada kendaraan seperti mobil. Pada proses pembuatan pelek sendiri ada beberapa jenis seperti Spun-Rim, Flow-Forming atau Rim Rolling Technology, Semi forging dan Forged.

Dalam proses pembuatan pelek mobil, ada satu proses yang sudah diketahui keunggulanya jika dibandingkan dengan proses pembuatan lainya, yaitu proses pembuatan pelek dengan teknik tempa atau dikenal dengan Forged.

“Pelek forged dibuat dengan sistem tempa, jadi material alumunium ditekan dengan mesin berbobot 8.000 ton hingga jadi sebuah pelek berkualitas,” tutur Eric Tanzil dari Permaisuri Ban.

Pelek forged sendiri memiliki beberapa varian diantaranya seperti lansiran Rays TE37, CE28 atau Desmond Regamaster Evo dan dari semua varian itu bahan dasar atau material pelek forged biasanya lebih ringan.

“Forged ini alumunium yang setara dengan bodi pesawat terbang” jelasnya Eric lagi.

Dengan beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Pelek forged dibandingkan dengan lainya, tentu untuk segi harga pelek yang dibuat dengan forged atau forging dibandrol dengan harga yang tinggi.

Meskipun dihargai dengan mahal, namun kualitas tentu bukan main. Untuk bahan dan proses produksi pun terbilang berkualitas tinggi karena setara dengan bahan pembuat bodi pesawat terbang.

Dari teknologi pembuatannya pun, pelek forged juga lebih ribet dan menggunakan teknologi canggih dalam pengerjaan pelek 1 piece.

Pasalnya forging merupakan proses memampatkan billet aluminium solid dengan penekanan ekstrim. Hasilnya saat jadi, pelek forged berbahan aluminium bisa sangat padat, kuat dan bisa sangat ringan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *