Kebijakan Emisi Euro IV di Indonesia Akan Dibahas di GIIAS 2018

Sustainability2015.com – Menyambut pergelaran Gaikindo Indonesia Interational Auto Show (GIIAS) 2018, Indonesia melalui Gaikindo menuturkan kesiapannya terkait dengan emisi Euro IV di Indonesia.

Yohanes Nangoi selaku ketua Umum dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia ( Gaikindo) mengatakan jika GIIAS 2018 tidak akan hanya sekedar ajang untuk pameran, akan tetapi juga untuk mendiskusikan mengenai standar emisi Euro IV.

“Gaikindo ingin agar konferensi ini dapat memberi wawasan tentang isu industri otomotif Indonesia terkini, salah satunya adalah implementasi peratuan pemerintah tentang Euro IV,” tutur Nangoi di Jakarta

Indonesia sendiri kini masih menerapkan standar emisi Euro II. Terkait dengan penggunaan standar Euro IV di Indonesia juga sudah diwacanakan melalui Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor P20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/2017.

Peraturan tersebut mengharuskan semua mobil bermesin bensin yang diproduksi di Indonesia harus menggunakan standar Euro IV per September 2018. Dan untuk mesin diesel efektif berlaku Maret 2021.

Terkait dengan wacana tersebut, Nangoi mengatakan jika penerapan standar Euro IV sudah sangat mendesak. Sebab jika dibanding negara lain, standar emisi di Indonedia relatif tertinggal.

Dalam penerapan ini diharapkan bisa membantu Indonesia lebih bersih dengan mengurangi polusi dari kendaraan bermotor. “Beyond Mobility akan menjadi ruh gerakan evolusi kendaraan bermotor dari sebuah alat transportasi menjadi sebuah kontribusi yang dapat mendorong percepatan kualitas kehidupan manusia,” kata Nangoi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *