Dua Raksasa Otomotif Jepang Bekerjasama Untuk Kuasai Pasar India

Sustainability2015.com – Dua raksasa otomotif Jepang yaitu Suzuki dan Toyota sepalat untuk bekerja sama dalam upaya berupa untuk menguasai pasar mobil di India. Kerja sama dari kedua pihak ini dikatakan akan terus meluas.

Adapun upaya Suzuki dan Toyota untuk menguasai pasar adalah dengan membangun dan memperluas infrastruktur seperti pabrik dan jaringan diler. Terkait dengan perluasan kerjasama ini sepertinya Indonesia tidak akan terkena dampaknya.

Hal ini dijelaskan oleh agen Suzuki di Indonesia yaitu Suzuki Indomobil Sales (SIS) yang menuturkan jika kerja sama Suzuki dan Toyota adalah hasil kesepakatan prinsipal dan efeknya belum tentu sampai ke Indonesia.

“Kalau tentang itu kami tidak bisa berkata lebih jauh. Kami masih menunggu arahan detail dari prinsipal kami. Jadi ini sudah ranah mereka, kebijakannya korporasi,” terang Donny, di Jakarta.

Kerja sama keduanya untuk menguasai pasar otomotif India pernah diumumkan pada Februari 2017, sedangkan tahun ini, keduanya kompak untuk saling bertukar model.

Pertukaran model tersebut menghasilkan rincian seperti Suzuki memberikan Baleno dan Vitara Brezza untuk dijual dengan lambang Toyota. Sedangkan, Toyota akan memberikan Corolla kepada Suzuki.

Pada akhir Mei 2018, diumumkan lagi kesepakatan tambahan yaitu kerja sama untuk pabrik dan jaringan diler. Suzuki bisa mengakses pabrik Toyota di India untuk memproduksi model yang akan dijual di diler Suzuki dan Toyota.

Selain itu, Suzuki dan Toyota akan memanfaatkan basis produksi keduanya di India untuk menjamah pasar Afrika.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *