Menambah Book Pada Sepeda Motor, Perhatikan Hal Ini

Sustainability2015.com – Salah satu modifikasi yang banyak digunakan oleh pengendara motor adalah menambahkan boks atau kotak penyimpanan. Modifikasi ini sangat membantu pengendara untuk membawa barang banyak.

Setiap modifikasi pastilah akan merubah kendaraan, baik tampilan ataupun kenyamanan berkendara. Namun, masih banyak saja pengendara yang menambah boks atau kotak penyimpanan pada sepeda motor tetap melaju dengan kecepatan penuh dan agresif.

“Produk boks untuk keperluan turing atau aksesori itu sebenarnya membantu bawaan pemotor lebih ringkas. Namun baiknya tidak terlalu agresif dalam berkendara misal berkendara zigzag atau menyalip di antara kepadatan kendaraan lain,” tutur Safety Riding Instructor DAM Aldea Henry.

Aldea juga menambahkan jika kendaraan yang telah mendapatpatkan penambahan boks atau kotak penyimpanan dalam mengendarainya harus berhati-hati. Hal ini dikarenakan adanya perubahan dimensi sepeda motornya.

Salah satu kemungkinan yang terjadi jika terlalu capat dan agresif ketika mengendarai motor yang telah mendapatkan penambahan book adalah hilang keseimbangan dan terjatuh.

Aldea juga mengingatkan untuk tidak sembarangan memilih kotak penyimpanan untuk sepeda motor, perhatikan bodi kendaraan dan pilihlah yang tidak terlalu besar.

“Kalau tidak melebihi, pengendara motor tahu saat stangnya bisa masuk melewati kendaraan lain artinya boksnya juga masuk. Jika boks ukurannya lebih lebar, artinya tidak cukup,” imbuh Aldea.

Ini juga yang terjadi dengan banyak pengendara motor yang membawa tas tambahan dengan ukuran berlebihan di belakang motor. Ukuran tas yang berlebih tersebut dapat membahayakan keselamgatan berkendara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *